WhatsApp Business: Aplikasi Chatting untuk Keperluan Bisnis


WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dibuat oleh WhatsApp untuk kebutuhan usaha. Aplikasi ini bisa kita install secara gratis di Google Play Store. Logonya hampir sama dengan WhatsApp Messenger, tetapi terdapat ikon ‘speech bubble’ berwarna hijau huruf ‘B’.

WhatsApp Business menjadi salah satu media komunikasi yang paling sering digunakan oleh pekerja dan pemilik usaha. Aplikasi ini bisa di manfaatkan sebagai fitur kelola bisnis secara mudah, baik online maupun tidak, untuk pemula maupun profesional sekalipun.

Hampir semua orang pasti menggunakan Aplikasi WhatsApp Business untuk kebutuhan usaha. Hal ini karena fitur yang ada pada WA Bisnis berisi informasi yang lengkap dengan mencantumkan profil bisnis, alamat, email, situs web, jam operasional, dan katalog.

Selain itu, kita juga dapat mendaftarkan nomor HP fixed line pada aplikasi WA bisnis. Caranya dengan melakukan verifikasi kepada pihak WhatsApp, dimana nantinya jika di terima, WhatsApp Business akan menyematkan ceklis hijau pada nama bisnis Anda.

Cara Mendapatkan Akun WhatsApp Business

  • Download aplikasi WhatsApp Bisnis di play store atau app store.
  • Siapkan nomor yang akan digunakan untuk mendaftar akun WhatsApp Bisnis.
  • Buka aplikasi WhatsApp Bisnis dan daftarkan nomor yang telah disediakan.
  • Lengkapi profil bisnis dan foto profil pada akun WhatsApp Bisnis.
  • Maka akun WhatsApp Bisnis anda sudah siap digunakan.

Sebagai informasi tambahan, bahwa WhatsApp Bisnis yang ada di playstore atau Appstore tidak dapat di upgrade menjadi WhatsApp Business Official dengan sender ID atau centang hijau ya. Hal ini karna kedua jenis akun ini berbeda alias tidak sama.

WhatsApp Business API

Mengapa WhatsApp Business Sangat Penting?

Melalui WhatsApp Business, para pengguna dapat melakukan peninjauan jumlah statistik, seperti pesan masuk dan pesan terkirim. Dengan demikian, para pebisnis bisa mengetahui pesan secara efektif, meskipun mereka sibuk mengurus usahanya.

Hadirnya fitur profil bisnis, tentu bisa membantu pelaku usaha dalam menyajikan informasi mengenai bisnis yang mereka jalankan. Misalnya kategori bisnis, nama tampilan, informasi website, email, foto profil, jam operasional, foto produk, dan lain-lain.

Fitur ini dapat digunakan oleh para pelaku usaha untuk menampilkan berbagai produk yang ditawarkan. Lalu, Quick replies fitur untuk membalas pesan berulang. Pengguna tidak perlu repot-repot mengetik ulang apa yang hendak dibalas untuk pelanggan.

Fitur ini berupa balasan pesan otomatis ketika jam operasional tutup. Jadi meskipun tidak berada di jam operasional, pelanggan yang mengirimkan pesan akan tetap dibalas menggunakan fitur ini. Dengan begitu pelanggan akan merasa layanan sangatlah responsif.

Salah satu fitur yang sangat berguna pada WA Bisnis adalah Greeting Message. Fitur ini berupa pesan otomatis yang dapat dikirim kepada pelanggan berupa salam pembuka. Lalu pelanggan baru, pembayaran tertunda, pesanan baru, pesanan selesai, dan lain-lain.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Pertama, harus unduh aplikasi WhatsApp Business di Android / iPhone, kemudian klik “Agree & Continue“. Masukkan nomor HP, apabila menggunakan nomor HP WhatsApp reguler, maka nomor HP tersebut akan secara otomatis logout dari WA reguler.

Lengkapilah profil, seperti nama bisnis, foto profil, kategori, jam operasional, deskripsi, website dan email bisnis. Jangan sampai ada yang dikosongkan ya, karena ini akan membantu pelanggan kalian untuk melihat informasi bisnis dengan mudah.

Lalu jangan lupa untuk membuat katalog pada WA Bisnis kalian, katalog ini berisi informasi seputar foto, deskripsi, dan harga produk. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuka aplikasi WhatsApp Business lalu pilih pengaturan dan klik katalog.

Selanjutnya pilih tambah produk kemudian pilihlah foto produk yang disertakan dengan deskripsi lengkap. Untuk unggah foto produk maksimal adalah 500 foto. Setelah itu klik simpan, maka daftar katalog muncul pada akun WhatsApp Business.