WA Automation: Manfaat, Fitur dan Cara Menggunakan

WhatsApp Automation, saat ini banyak digunakan oleh sektor bisnis karena mempunyai fitur autoreply yang canggih untuk membalas pesan. Fitur ini mampu merespons pesan yang masuk dengan cepat, seperti halnya Chatbot. Yaitu, fitur yang bisa Anda dapatkan jika telah meng-upgrade Account WhatsApp Business menjadi WhatsApp Business API.
Daftar Isi
Apa itu WA Automation?
WhatsApp Automation adalah fitur dari WhatsApp Business API yang digunakan untuk mengirimkan pesan secara otomatis kepada pelanggan. WA Automation mengacu pada penggunaan API untuk mengotomatiskan percakapan dan interaksi di Aplikasi WhatsApp.
Hampir semua bisnis saat ini pasti mengotomatiskan seluruh proses percakapan dengan Aplikasi WhatsApp Automation. Aplikasi WA Automation dapat digabungkan dengan aplikasi pihak ketiga atau sistem otomasi untuk mengotomatiskan keterlibatan bisnis.
Di sisi lain, WA Automation adalah respons yang telah diprogram sebelumnya terhadap pesan WhatsApp yang masuk dari calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada. Tanggapan ini diatur sedemikian rupa secara otomatis, tanpa perlu campur tangan manusia.
Contoh, saat Anda mengatur jam operasional pada pukul 5 sore, maka pelanggan yang mengirim pesan diatas jam 5 sore akan menerima jawaban otomatis yang sudah Anda setting sebelumnya. Tentunya ini menjadi alat bantu yang efektif untuk keberlangsungan bisnis.
Kenapa Harus Menggunakan WA Automation?
WhatsApp Automation selangkah lebih maju dari WhatsApp Messenger untuk mengotomatiskan seluruh percakapan pelanggan, sehingga dapat mengurangi waktu respon dan dapat memandu pelanggan untuk melakukan pembelian secara cepat dan tepat.
Dengan beberapa fitur otomasi yang dibangun untuk mendukung bisnis dalam upaya membangun hubungan dengan pelanggan lebih baik. Tidak heran, bila banyak bisnis yang menggunakan WhatsApp Automation sebagai alat berkomunikasi dengan pelanggan.
Manfaat WA Automation
Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Aplikasi WA Automation, diantaranya:
1. Mengotomatiskan Seluruh Aliran Pesan
WhatsApp Automation memungkinkan Anda untuk mengatur aliran pesan secara khusus ke pelanggan. Selain mencakup panjang percakapan secara normal, ini juga mencakup tahapan percakapan yang berbeda satu sama lain.
Hal ini berguna saat menangani tugas yang berulang atau pertanyaan yang berulang dan sering diajukan. Alur pesan yang disesuaikan akan memangkas waktu respons dan meningkatkan layanan pelanggan secara tepat, cepat, dan akurat.
2. Untuk Mengotomatiskan Proses Penjualan
Seluruh alur penjualan dapat diotomatisasi dan dibuat bebas campur tangan manusia dengan bantuan WA Automation. Selain itu, WhatsApp Automation dapat diprogram untuk menampilkan katalog beserta pertanyaan tentang kebutuhan pelanggan.
Yang terpenting adalah aplikasi WhatsApp Automation ini dapat menawarkan layanan pelanggan 24/7 kepada pelanggan. Dengan bantuan pesan otomatis ini, Anda tidak harus selalu membalas pesan secara satu-satu ke pelanggan secara manual.
3. Mengotomatiskan Pemberitahuan Proaktif
Anda dapat terhubung dengan pelanggan Anda secara proaktif melalui WhatsApp. Siapkan templat pesan proaktif untuk melakukannya. Anda dapat menggunakan fitur ini setelah pelanggan memilih untuk menerima komunikasi tersebut dari Anda.
Setelah dikonfirmasi, Anda dapat menggunakan ini untuk mengirim pembaruan pada pesanan, janji temu, permintaan layanan, dan pembayaran. Fitur ini telah terbukti secara signifikan mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan yang membutuhkan resolusi cepat.
Fitur WA Automation
Selain manfaat, Adapun fitur-fitur yang harus kalian ketahui pada aplikasi WhatsApp automation, diantaranya:
1. Autoreply
Autoreply adalah fitur yang memungkinkan sistem atau perangkat Anda bisa membalas pesan secara otomatis ke pelanggan. Sehingga ini sangat berguna jika Anda tidak dapat membalas pesan di luar jam kerja, misalnya karena sedang sibuk atau tidak ada di tempat.
2. Chabot
Chatbot menjadi salah satu fitur yang berfungsi untuk membalas pesan secara otomatis. Chatbot dapat melakukan interaksi dengan pengguna melalui obrolan atau pesan teks, sehingga komunikasi antara bisnis dan pelanggan menjadi lebih aktif.
3. Kode OTP
One-Time Password (OTP) adalah kode unik yang digunakan untuk mengonfirmasi identitas saat seseorang melakukan transaksi tertentu. Dalam hal ini, WhatsApp OTP dikirim ke pesan Anda untuk mengonfirmasi transaksi, seperti mengirim atau menerima uang.
4. Personalisasi Pesan
Fitur WA Automation lainnya yang harus kalian ketahui, yaitu personalisasi pesan. Anda dapat mempersonliasi tiap pesan yang dikirimkan kepada pelanggan. Sehingga pelanggan merasa nyaman karena pesan tersebut di tanggapi dan di balas secara positif.
5. Schedule Broadcast
Fitur Schedule Broadcast, yaitu menjadwalkan pesan yang ingin dikirimkan atau di schdule. Dengan fitur ini, Anda bisa menjadwalkan pesan broadcast yang ingin dikirim secara otomatis. Sehingga, dapat menghemat waktu dan kinerja bisnis Anda.
6. Livechat
Live chat WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp secara langsung melalui obrolan teks atau panggilan video. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyediakan layanan pelanggan secara real-time.
7. Notifikasi WhatsApp
Notifikasi pada WhatsApp Automation adalah fitur yang dapat membantu memberitahukan informasi kepada pengguna tentang suatu hal, seperti update produk atau layanan, pengingat acara atau kegiatan, serta pesan lainnya yang dianggap penting.
8. Alokasi Tugas
Fitur WhatsApp automation yang terakhir, yaitu alokasi tugas. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi pesan secara merata ke tiap agen/pelanggan yang telah tersedia. Sehingga, pelayanan bisnis Anda dapat lebih cepat dan memuaskan.
Cara Menggunakan WA Automation
Sebagai bisnis yang ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan dan penjualan, menggunakan Aplikasi WhatsApp Automation bisa menjadi solusi terbaik. Maka dari itu, berikut ini adalah cara mudah menggunakan Aplikasi WA Automation:
1. Registrasi di Wablast.id
Wablast.id adalah situs resmi dari PT. Promedia Utama yang merupakan perusahaan IT dan Digital Advertising yang menyediakan layanan software WhatsApp API yang dapat membantu Anda dalam menggunakan aplikasi WA Automation.
Apabila Anda memilih PT. Promedia Utama, maka Anda mendapatkan bantuan untuk setiap proses pembuatan WA Automation sampai dengan penggunaan fitur-fitur penting lainnya. Anda cukup kunjungi Wablast.id dan lakukan registrasi.
2. Verifikasi Akun
Setelah Anda registrasi di Wablast.id, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi ke pihak Facebook. Dengan menggunakan layanan dari Wablast.id, mama proses dapat dibantu, Anda hanya perlu menyediakan beberapa hal berikut ini:
- Nama Bisnis
- Website
- Email Bisnis
- NPWP/NIB/SIUP
- Siapkan Nomor
Langkah selanjutnya yaitu menentukan nomor yang akan Anda gunakan untuk mengakses fitur pesan otomatis. Perlu diingat, karena nomor tidak bisa diubah begitu saja, maka pilihlah nomor yang selalu aktif.
4. Melengkapi Profil
Berikutnya adalah melengkapi profil WA bisnis Anda, Anda bisa mengatur jam operasional, katalog produk, lokasi bisnis, dan lain-lain. Apabila Anda kesulitan dalam melengkapi profil, Anda bisa meminta bantuan kami.
5. Submit Template Pesan
Jika profil sudah dilengkapi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan pesan otomatis yang ingin ditautkan. Saat membuat pesan otomatis, Anda dapat membuat alur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
6. Lakukan Percobaan
Setelah semua proses selesai, Anda sudah bisa melakukan percobaan dengan fitur-fitur yang tersedia. Untuk uji coba, Anda bisa mengirim pesan ke nomor yang menggunakan fitur WhatsApp Automation, seolah-olah Anda adalah calon pembeli. Jika Anda mendapatkan pesan otomatis dan sesuai dengan apa yang Anda setting, maka proses pembuatan WA Automation sudah selesai dan berhasil.
Nah, itulah pengertian, cara menggunakan, fitur, dan manfaat WhatsApp Automation. Jika ada pertanyaan seputar cara registrasi WA Automation, jangan ragu untuk menghubungi kami. Promedia Utama siap memberikan layanan terbaik untuk Anda!